Sabtu, 17 Desember 2011

Jawaban Praktikum PPTI


History di browser adalah fasilitas untuk mencatat dan meyimpan data sejarah penelusuran dan penggunaan internet kita, history ini bisa sangat bermanfaat jika kita ingin melihat situs mana saja yang pernah kita kunjungi atau kita akses. fasilitas ini bisa kita manfaatkan untuk melacak jejak dari web browser kita. History ini ibarat sebuah jejak yang masih menempel di TKP, jadi tidak akan hilang jika history-nya dihapus atau sengaja tidak kita aktifkan.


Fungsi Bookmark pada web browser adalah sebagai penanda atau markah, misalnya kita sedang browsing sebuah situs misal facebook.com. Karena begitu seringnya kita membuka facebook tersebut maka kita tak perlu capek-capek mengetikkan alamat dari facebook itu sendiri. Maka kita hanya perlu mem-bookmark facebook di web browser kita. Cara-cara membookmark sebuah alamat website:

  • Cara paling mudah membookmark sebuah website adalah dengan kombinasi tombol Ctrl + D
  • Untuk (Mozilla Firefox) Masuk ke menu bookmark, kemudian pilih Bookmark this Page.
  • Untuk (Google Chrome) Pilih menu bergambar bintang, yang berada diakhir address bar, klik icon bintang tersebut maka akan menampilkan bookmark added, jika selesai tekan done.

Add Ons (Mozilla Firefox) adalah sebuah komponen opsional, dalam hal ini berbentuk perangkat lunak yang bilamana ditambahkan kedalam aplikasi Mozilla Firefox, akan menambah fungsi, fitur, kinerja, dan tampilan dari web browser Mozilla Firefox tersebut
3 Contoh Add On Mozilla Firefox:
  • User Agent Switcher : Add On ini digunakan untuk membuat Mozilla Firefox bisa mengubah User Agentnya misal kita ingin mengakses situ yang hanya bisa dibuka lewat HP, maka setelah add on-nya terinstall kemudian pilih di Tools- User Agent- Pilih IPhone ( memilih IPhone dikarenakan IPhone masih sejenis HP atau lebih tepatnya smartphone.
  • WOT(Web Of Trust) : Add On ini berguna untuk mengetahui kepercayaan situs atau keabsahan situs, sehingga kita tidak akan tertipu dengan situs palsu yang mirip dengan situs yang asli. Ads on ini juga berfungsi sebagai parental control karena situs-situs yang tidak patut diakses akan diindikasikan sebagai situs yang tak terpercaya.
  • Video Download Helper: Add on ini berguna untuk netter yang suka pantengin youtube.com dikarenakan add on ini bisa mendownload video setelah anda memutar videonya walaupun hanya sebentar. Secara otomatis add on ini akan mendeteksi ada video yang diputar jika ingin mendownloadnya tinggal klik Icon dari add on ini kemudian pilih download. Bukan hanya untuk youtube lho, tapi juga semua video streaming.

RSS (Really Simple Syndication) : merupakan sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan oleh kebanyakan situs berita atau website yang selalu diupdate secara berkala.
RSS ini dibangun agar kita bisa berlangganan artikel dari situs web yang menyediakan umpan web(feed) RSS, tapi ini berbeda dengan berlangganan koran, kalau RSS tidak berbayar alias gratis.

Penggunaan
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.

Sebuah program komputer yang dikenal sebagai pembaca umpan (feed reader) bertindak sebagai pengumpul. Program ini mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Tenggang waktu dan siklus pengumpulan RSS biasanya dapat diatur oleh penggunanya. Program pengumpul dapat berupa program komputer atau sebuah layanan web yang tersedia online.

Program pengumpul RSS di komputer biasanya berupa aplikasi (software) sendiri yang harus dipasang di komputer sebelum dapat digunakan. Program ini tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi dengan harga bervariasi. Ada juga program pengumpul RSS yang gratis. Lihat Daftar pengumpul RSS.

Program pengumpul di web tidak memerlukan pemasangan dan pengaturan, kita dapat melihat dan mengecek RSS kita di mana saja, asal ada browser dan koneksi internet. Beberapa layanan pengumpul RSS juga menyediakan penggabungan dan juga pencarian.

Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link dengan sebuah tombol bertuliskan XML atau RSS . Namun disarankan menggunakan RSS daripada XML agar tidak membuat kerancuan (sebab setiap RSS adalah XML, tapi tidak tiap XML itu RSS).

Seperti ditulis di atas, ada beberapa versi RSS, dan bahkan ada kelompok membuat format baru Atom yang juga telah diadopsi oleh banyak situs. Tapi pemakai RSS tidak perlu bingung, para pembuat program pengumpul sindikasi biasanya bisa mengenali kedua format tersebut, bahkan masih menyediakan pembaca untuk format yang lama.

2 Contoh Aplikasi RSS Reader:


  • POP 3 ( Post Office Protocol-version 3): ini adalah protokol yang digunakan untuk pengelolaan e-mail. Jadi POP 3 ini adalah sebuah protokol yang digunakan untuk fungsi mail atau e-mail.
  • Email Filtering merupakan sebuah cara yang digunakan untuk memfilter email atau menyaring email berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditetapkan oleh user yang mempunyai email tersebut. Sehingga arsip-arsip email user tersebut akan lebih teratur karena sudah terfilter sebelumnya.
  • Email Forwarding merupakan proses me-resend ulang atau mengirim ulang email ke alamat yang lain, misal user A mendapat email dari user B dan user C juga ingin mendapat email yang sama dari user B maka user A memforward (meneruskan) emailnya dengan mem-forward email tersebut ke user C. Kurang lebih seperti itu.
Menyetting POP3 pada Gmail dan email client
Langkah pertama adalah buka akun gmail Anda kemudian masuk ke setting dengan cara klik icon gear yang terletak di pojok kanan atas, kemudian masuk ke settingan POP seperti gambar berikut ini:
GmailAccount




Kemudian masuk ke aplikasi email client yang Anda sukai, disini saya menggunakan Outlook Express
Pilih menu Tools-Account-Kemudian PIlih Add-Mail
Gambar 1

Isi semua data yang diminta mulai dari Nama kemudian Next,Alamat email kemudian Next,
Gambar


Kemudian isi Email Server Names dengan alamat server Gmail yaitu:
Incoming diisi: pop.gmail.com
Outgoing diisi: smtp.gmail.com   Kemudian tekan Next
Gambar

Di Internet Mail Logon isi dengan data yang sesuai kemudian tekan Next
Gambar









kemudian tekan Finish

Di Internet Account pilih pop.gmail.com kemudian Properties di tab General diisi dengan data yang diperlukan

















Di tab Advanced,kedua check box di-cek Outgoing port diisi: 465 ----Incoming port diisi :995

















Di tab Servers, isi semua data yang diminta, di bagian bawah terdapat checkbox my server requires authentication dicek, kemudian tekan OK.

2 komentar: