Sabtu, 14 Januari 2012

Belajar HTML

Selamat datang para blogger yang berbahagia, saya disini sebagai newbie di dunia internet ingin membagi sedikit pengetahuan saya tentang HTML.

Apa sih itu HTML?
HTML adalah HyperText Markup Languge.  Menurut saya ini merupakan sebuah bahasa pemrograman web yang sudah pasti digunakan untuk merancang sebuah website.

Tag-tag pada HTML
Script pada HTML selalu diapit oleh "<>" tanpa tanda kutip.
Dan sebagai penutup dari setiap  scripnya digunakan tanda "slash (/) ". misal <html>.............</html>


  1. <html> = tag ini sebagai penunjuk bahwa ini adalah sebuah script untuk memulai sebuah pemrograman web.
  2. </html> = sebagai akhir dari program HTML tersebut (batas dari desain web)
  3. <head> = sebagai header dari website tersebut(menurut saya sih, hehehe)
  4. </head> =penutup dari head.
  5. <body> = sebagai "tubuh dari HTML tersebut disini ada attribut yang dipakai misal "bgcolor", "background". ini juga ditutup dengan </body>.
  6. <Marquee> = salah satu fitur yang saya kagumi dari HTML. ini berefek pada teks agar berjalan ke arah yang telah ditentukan. ini juga ditutup dengan </marquee>. Didalam menu tags marquee ini terdapat script tambahan yang digunakan untuk mengatur posisi dan arah dari teks berjalan tersebut.
    • Direction=up. Direction ini digunakan untuk mengatur posisi teks berjalan tersebut misal kita pilih up, maka teksnya akan berjalan dari bawah menuju ke atas. up bisa diganti down , left, right.
    • scrollamount=1. Scrollamount ini digunakan sebagai pengatur speed dari teks berjalan tersebut. Semakin besar nilai yang dimasukkan dalam scrollamount tersebut, maka akan semakin cepat pula teks tersebut berjalan.
    • onmouseover=this.stop(). Ini berarti, jika teks disorot oleh mouse maka marquee tersebut akan berhenti.
    • onmouseout=this.start(). jika mouse tersebut dilepaskan dari teks tersebut maka teks tersebut akan berjalan lagi.
    • height=... . untuk mengatur tinggi.
    • width=... untuk mengatur lebar.
    • behavior="alternate". ini digunakan sebagai script untuk "mondar-mandir". jadi misal kita direction ke up, kemudian kita beri script behavior ini maka setelah sampai atas tidak akan langsung menghilang tapi akan memantul dan balik lagi kebawah.
  7. <title> = Judul atau nama web yang akan muncul di title bar.
  8. <a href="http://www.shutrisk.blogspot.com>Shutrisk Blog</a>. Tagnya hanya <a href="http://...></a>. Tag tersebut digunakan untuk menyisipkan URL. Dari contoh diatas bahwa saya membuat link yang akan menuju ke web Shutrisk.blogspot.com.. dan teks yang ditampilan adalah Shutrisk Blog. Jadi saat kita mengklik teks yang bertuliskan Shutrisk Blog maka otomatis akan menuju ke shutrisk.blogspot.com.
  9. <a href="mailto:sutris.*****@gmail.com" > Shutrisk E-mail</a>. Jika kita meng-kik teks tersebut kita tidak akan membuka web baru tapi kita akan membuka e-mail baru. misal kita menggunakan Outlook atau Thunderbird. maka otomatis akan membuka aplikasi tersebut dan membuat e-mail baru dengan tujuan sutris.*****@gmail.com tersebut.
  10. <abbr title="isikan teks yang akan pop out disini">Teks asli</abbr> = tag ini digunakan untuk sebuah tanda atau kalimat yang akan muncul ketika kursor mouse anda melewati tulisan yang disisipi kode tersebut. Contoh
  11. <acronym title="isikan teks yang akan muncul sebagai tooltip">Teks Asli</acronym> = tag ini digunakan untuk membuat singkatan yang berupa acronym misal ABRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar